Senin, 04 Februari 2019

Web Service


Assalamualikum Warrahmatullahi Wabarakatu.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang :
  • -Web Service
  • -Front End
  • -Back End


Web Service

Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu. Secara umum, web service dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.

Front End

Dari artinya saja seharusnya kalian sudah bisa paham apa itu front end. Front end ini merupakan tugas dari developer yang biasanya membuat tampilan luar/ layout pada website. Bahasa programming atau yang harus dikuasai oleh front end, yaitu HTML, CSS, Javascript, XML, dll. Lebih simple mengenal front end, yaitu apapun bentuk atau tampilan website/aplikasi yang sering kita lihat dari smartphone.

Back End

Back End adalah Programmer yang lebih fokus pada fungsi-fungsi dari website/aplikasi tersebut, misalnya algoritma, code dan lain sebagainya, karena itu mereka harus bisa memahami beberapa bahasa programming juga diantaranya php, sql, java dan lain sebagainya .

Sekian dari saya Wassalamualikum Warrahmatullahi Wabarkatu.





0 komentar

Posting Komentar